6 APLIKASI PENGELOLAAN KELAS ONLINE YANG HARUS GURU MILIKI DAN KUASAI

Logo Edmodo
Moodle
Moodle adalah sebuah platform pembelajaran yang dirancang untuk pendidik dan peserta didik untuk menciptakan lingkungan belajar dengan sistem yang handal dan tentu saja aman dan memberikan kenyamanan karena Moodle adalah jaringan pembelajaran pribadi. Jika Anda tertarik dengan Moodle, Anda dapat mendownload perangkat lunak ke server web Anda. Moodle sangat cocok untuk konsep pembelajaran e-learning (pembelajaran elektronik).

Moodle dibangun oleh proyek Moodle yang dipimpin dan dikoordinasikan oleh Moodle HQ, sebuah perusahaan Australia dari 30 pengembang yang secara finansial didukung oleh jaringan lebih dari 60 perusahaan jasa Moodle Mitra di seluruh dunia.

Blackboard
Hampir sama dengan Moodle, Blackboard juga menciptakan teknologi yang membantu siswa dalam belajar, bukan hanya salah satu cara, tapi juga mempertimbangkan cara belajar mereka sendiri.

Edmodo
Edmodo adalah situs pembelajaran online yang didirikan tahun 2008 untuk memberi fasilitas untuk siswa, guru, dan orang tua dengan tertutup, jaringan pembelajaran pribadi yang bisa gunakan untuk terhubung dan berkolaborasi satu sama lain. 

Edmodo telah banyak dimanfaatkan oleh guru, siswa, dan orang tua dari seluruh dunia untuk menggunakan Edmodo sebagai platform belajar online mereka.

Schoology
Schoology merupakan salah satu laman web yang berbentuk web sosial yang mana ia menawarkan pembelajaran sama seperti di dalam kelas secara percuma dan mudah digunakan seperti Facebook. Schoology adalah situs yang menggabungkan antara jejaring sosial dan LMS. Jadi dengan Schoology kita bisa berinteraksi sosial sekaligus belajar. Adapun fitur-fitur yang dimiliki oleh Schoology adalah sebagai berikut:
  • Courses (Kursus), yaitu fasilitas untuk membuat kelas mata pelajaran, misal mata pelajaran Matematika, Fisika, dan lain sebagainya. Fasilitas Courses ini juga ada di Moodle
  • Groups (Kelompok), yaitu fasilitas untuk membuat kelompok. Fasilitas ini juga ada di Moodle maupun di facebook.
  • Resources (Sumber Belajar)
Kelase
Kelase dikembangkan oleh hacker pendidikan, desainer dan insinyur yang penuh semangat, berbasis di Jakarta, Indonesia bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan dengan  penggunaan TIK.

Diluncurkan pada 2014, Kelase menyediakan jejaring sosial dan lingkungan belajar online untuk mendukung kolaborasi, pertukaran pengetahuan dan percepatan belajar untuk  membangun sekolah, organisasi dan komunitas yang lebih cerdas. Beberapa fitur yang dimiliki kelase adalah:
  • Belajar lebih menyenangkan dengan berbagai gamifikasi.
  • Menyediakan berbagai kegiatan belajar individu dan kolaboratif. 
  • Dapat di akses dari perangkat  mobile(laptop, smartphone dan tablet)
  • Memudahkan orang tuadan guru untuk mengukur dan memantau kemajuan belajar siswa, nilai dan kegiatan sekolah.
Quipper School
Informasi tentang Quipper School dapat Anda baca di sini.

Semoga informasi yang kami sajikan bermanfaat. Silahkan berkomentar untuk memberikan tanggapan tentang blog Kami.

Comments