KONSEP BELAJAR DAN KONSEP MENGAJAR MENURUT PARA PAKAR

Mungkin Anda pernah mendengar "orang yang tidak belajar apa-apa itu sama seperti seekor sapi; ia semakin gemuk, tetapi tidak tahu apa-apa". (Dhammapada)

Pada kesepatan ini kami akan menyampaikan konsep belajar dan mengajar menurut para pakar. Tentu banyak sekali definisi atau konsep tentang belajar dari para ahli, di antaranya adalah sebagai berikut:

Skinner (1985), mengartikan belajar sebgai suatu proses adaptasi atau penyesuaian tingkah laku yang berlangsung secara progresif.

Menurut Ernest R. Hilgard dan Bower dalam buku Theories of Learning (1975), belajar berhubungan dengan perubahan tingkah laku seseorang terhadap sesuatu situasi tertentu yang disebabkan oleh pengalamannya yang berulang-ulang dalam situasi itu, di mana perubahan tingkah laku itu tidak dapat dijelaskan atau dasar kecenderungan respon pembawaan, kematangan atau keadaan-keadaan saat seseorang (misalnya kelelahan, pengaruh obat dan sebgainya).

Gagne dalam bukunya The Conditions of Learning (1977), belajar merupakan sejenis perubahan yang diperlihatkan dalam perubahan tingkah laku, yang keadaaannya berbeda dari sebelum individu berada dalam situasi belajar dan sesudah melakukan tindakan yang serupa itu. Perubahan terjadi akibat adanya suatu pengalaman atau latihan. Berbeda dengan perubahan serta-merta akibat refleks atau perilaku yang bersifat naluriah.

C.T.Morgan dalam Introduction to Psychology (1962) merumuskan belajar sebagai suatu perubahan yang relatif dalam menetapkan tingkah laku sebagai akibat atau hasil dari pengalaman yang lalu.

Moh. Surya (1981:32), definisi belajar adalah suatu proses usaha yang dilakukan individu untuk memperoleh suatu perubahan tingkah laku yang baru keseluruhan, sebagai hasil pengalaman individu itu sendiri dalam interaksinya dengan lingkungan. Kesimpulan yang bisa diambil dari kedua pengertian di atas, bahwa pada prinsipnya, belajar adalah perubahan dari diri seseorang.

Thursan Hakim dalam bukunya Belajar Secara Efektif (2002), mengartikan belajar adalah suatu perubahan di dalam kepribadian manusia, dan perubahan tersebut ditampakkan dalam bentuk peningkatan kualitas dan kuantitas tingkah laku seperti peningkatan kecakapan, pengetahuan, sikap, kebiasaan, pemahaman, keterampilan, daya fikir, dan lain-lain kemampuannya.

Itulah beberapa konsep mengenai belajar. Konsep tentang Mengajar dapat Anda baca dalam tulisan kami selanjutnya. Klik di sini untuk membaca ARTIKEL KONSEP MENGAJAR MENURUT PARA PAKAR.

Comments