APAKAH IJAZAH ANDA ASLI? INILAH CARA MENGETAHUI KEASLIAN IJAZAH ANDA

Beberapa bulan belakangan ini gencar diberitakan tentang ijazah paslu, maraknya ijazah palsu yang beredar di masyarakat maka pembersihan terhadap ijazah palsu pun dilakukan bahkan ada beberapa perguruan tinggi yang menyelenggarakan kuliah fiktif ditutup. Kekhawatiran pun muncul dikalangan masyarakat, akan tetapi Anda kini tak perlu khawatiir karena kita dapat mengecek keaslian ijazah yang kita miliki.

Kita bisa mencek keaslian ijazah di forlap.dikti. Kekhawatiran tersebut karena sebelumnya kita pernah mendengar dari berita soal kasus wisuda abal-abal dan ijazah palsu alias bodong. Oleh karena itu coba anda pastikan kalau ijazah anda punya benar-benar terdaftar di Pangkalan Data Pendidikan Tinggi, Ditjen Dikti. Bisanya kasus yang ijazahnya tidak terdaftar di Dikti alias palsu adalah mahasiswa lulusan Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang status PT/PRODI non-aktif (bermasalah).

Sistem Checking di Pangkalan Data Pendidikan Tinggi, Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi (PDDIKTI) meliputi: database Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan Perguruan Tinggi Swasta (PTS) untuk jenjang Diploma, S1, S2, dan S3.

Untuk cek keaslian ijazah silahkan kunjungi Portal http://forlap.dikti.go.id/mahasiswa

Isi saja Nama Perguruan Tinggi anda (sebagai contoh: STMIK IM) nanti kata kunci tersebut akan memunculkan beberapa pilihan kampus yang terdaftar di database Dikti. Kemudian pilih Program Studi yang anda ambil, isi kolom Kata Kunci dengan Nama atau NIM (Nomor Induk Mahasiswa) dan terakhir klik dulu gambar kode pengaman 1x, setelah muncul kode pengaman yang baru (refresh chaptca) lalu ketik.

Terakhir kalau sudah ketemu, Klik pada Nama Mahasiswa kemudian status mahasiswa tersebut akan diketahui apakah masih aktif kuliah atau sudah lulus, detail tanggal kelulusannya juga ditampilkan.


Comments