Biologi 10 | Ruang Lingkup Biologi

Biologi adalah cabang ilmu pengetahuan alam yang mempelajari makhluk hidup dan kehidupannya.

Dikutip dari id.wikipedia.org
Biologi adalah ilmu alam yang mempelajari kehidupan, dan organisme hidup, termasuk struktur, fungsi, pertumbuhan, evolusi, persebaran, dan taksonominya. Ilmu biologi modern sangat luas, dan eklektik, serta terdiri dari berbagai macam cabang, dan subdisiplin.

Ilmu biologi telah mengalami perkembangan yang sangat pesat. Hal ini memungkinkan manusia untuk dapat lebih mengenal dan mengetahui rahasia-rahasia yang tersembunyi di balik semua masalah kehidupan yang pada waktu sebelumnya masih banyak yang belum diketahui.

Aristoteles adalah salah satu tokoh yang paling berjasa dalam mengembangkan ilmu biologi. Aristoteles (384 – 322 SM) berpandangan bahwa makhluk hidup perlu dikenal lebih cermat sehingga perlu dijadikan sasaran penelitian. Dia adalah orang pertama yang meneliti berbagai jenis tumbuhan dan hewan. Ia berhasil menggolongkan lebih dari 500 jenis hewan dan tumbuhan. Dari tahun ke tahun, semakin banyak para ahli yang melakukan penelitian sehingga pada zaman modern ini kita dapat melihat hasil dari perkembangan ilmu biologi pada berbagai bidang. Misalnya, pada bidang kedokteran ditemukannya obat-obatan yang dapat mengobati berbagai macam penyakit berbahaya, ditemukannya teknologi tranplantasi organ-organ tubuh, fertilisasi in vitro yaitu bayi tabung, serta ditemukannya alat kedokteran seperti USG (ultra sono grafi) dan ECG (electro cardio graf).

Ruang lingkup biologi meliputi objek biologi dan permasalahannya dari berbagai tingkat organisasi kehidupan (molekul, sel, jaringan, organ, sistem organ, individu, populasi, komunitas, ekosistem, biosfer). Objek biologi menurut Robert H. Whittaker (1969) meliputi kingdom Plantae, Animalia, Protista, Monera, dan Fungi. Saat ini, perkembangan terakhir objek biologi menurut Carl Woese (1987) meliputi kingdom Plantae, Animalia, Protista, Monera dan Fungi, Archaebacteria, dan Eubacteria. Selanjutnya objek-objek tersebut akan dikaji lebih jauh mulai dari lingkup yang paling kecil yaitu molekul hingga lingkup bioma di alam semesta ini.

Comments