Manfaat Mempelajari Biologi di Sekolah

Motovasi dapat dikatakan sebagai dorongan kehendak pada seseorang yang menyebabkan seorang tersebut melakukan suatu perbuatan untuk mencapai tujuannya. Nah, dalam mempelajari sesuatu seseorang pasti memiliki motivasi yang berbeda-beda. Misal, apakah setiap pembaca blog ini memiliki tujuan yang sama ketika membaca tulisan-tulisan saya? saya kira setiap dari Kamu memiliki tujuan yang berbeda-beda. Mungkin ada yang menjadikan tulisan-tulisan Saya sebagai referensi tugas sekolah, atau jika orang tua mungkin untuk membantu anaknya menjawab pertanyaan.

Setiap siswa di sekolah memiliki motivasi berbeda-beda dalam mempelajari suatu mata pelajaran. Ada yang memang dia suka dengan pelajaran tersebut, ingin mendapatkan nilai terbaik bahkan hanya sebatas formalitas saja mengikuti pelajaran.

Baik, kita akan mulai fokus dan kemabali ke benang merah berdasarkan judul tulisan ini yaitu Manfaat Mempelajari Biologi di Sekolah. Semoga setelah Kamu membaca tulisan ini sedikit merubah motivasi Kamu dalam mempelajari Biologi di Sekolah.

Mempelajari biologi di sekolah akan memberikan pemahaman dan manfaat bagi yang mempelajarinya (tentu saja), antara lain:
  1. Manfaat mempelajari biologi dapat memberikan pemahan lebih mendalam kepada diri seseorang yang dapat diterapkan sebagai dasar untuk meningkatkan taraf hidupnya.
  2. Memberikan pengetahuan berbagai sumber daya hayati yang bermanfaat bagi pemenuhan kebutuha hidup manusia.
  3. Memberikan pengetahuan untuk melakukan konservasi terhadap sumber daya hayati agar tidak punah.
  4. Mempengaruhi manusia agar melakukan diversifikasi pemanfaatan sumber daya hayati sehingga diperoleh sumber baru yang berbeda
Keterkaitan antara biologi dengan cabang ilmu lain memberikan banyak manfaat dalam pemenuhan kebutuhan hidup manusia, antara lain:

Manfaat dalam Riset Ilmiah

Mempelajari biologi semakin mendalam, para ilmuan mampu melakukan berbagai riset atau penelitian yang bermanfaat untuk manusia. Dari yang sederhana hingga yang luar biasa seperti menciptakan makhluk-makluk rekaya, seperti ikan yang menyala di saat gelap. Pernah dengar infonya? Ya, itulah ikan yang gennya telah disisipi dengan unsur Fosfor yang mampu digunakan untuk indikator pencemaran lingkungan.

Manfaat di Bidang Kesehatan

Manfaat Biologi dalam bidang kesehatan sudah pasti banyak sekali, seperti mempelajari struktur tubuh manusia baik secara anatomi (bentuk luar), fisiologi (bentuk dan fungsinya), histologi (jaringan tubuh) dan lainnya. Yang semuanya itu sebagai dasar untuk menjaga kesehatan tubuh manusia.

Termasuk juga ketika sakit, sudah ada banyak obat penyembuh mulai dari antibiotik, vaksin, maupun obat suplemen atau nutrisi untuk menunjang kesehatan tubuh manusia.

Manfaat di Bidang Farmasi (obat-obatan)

Manfaat Biologi dalam bidang Farmasi (obat-obatan), dapat menunjang penerapan obat dan eksperimen penyembuhan penyakit dengan obat-obatan tertentu sebelum diproduksi untuk manusia. Dengan kombinasi ilmu kimia atau Biokimia, maka dapat diketahui zat-zat atau senyawa kimiawi yang diproduksi oleh tubuh, yang mana jika senya kimiawi tersebut tidak bisa dihasilkan oleh tubuh maka bisa diganti dengan senyawa yang diproduksi secara manual dan dimasukkan ke tubuh.

Manfaat di Bidang Kedokteran

Pernah dengar kata transplantasi? Ya, istilah ini sudah populer di abad 20, yang merupakan sebuah metode untuk mengganti organ tubuh si pasien dengan organ dari di pendonor. Misalnya organ ginjal, hati, mata, bahkan jantung pun bisa ditransplantasi.

Manfaat di Bidang Lingkungan (Ekologi)

Ekologi merupakan ilmu yang mempelajari hubungan makhluk hidup dengan lingkungan atau alam sekitar. Dengan memahami biologi maka manusia akan dapat hidup lebih harmonis dan selaras dengan lingkungan sekitar. Dari hal yang sederhansa seperti tidak mencemari lingkungan sekitar dengan sampah anorganik, hingga zat-zat pencemar lingkungan lainnya misalnya limbah pabrik.

Karena itu, dalam perkuliahan Biologi juga diajarkan tentang materi kuliah Analisis Dampak Lingkungan (AMDAL). Di materi tersebut diajarkan mengenai cara menganalisis sebuah perusahaan atau pabrik yang akan didirikan di suatau wilayah, apakah tingkat pencemaran yang ditimbulkan masih diambang batas normal ataukah berbahaya.

Manfaat di Bidang Industri

Manfaat Biologi dalam bidang industri tentunya mencakup berbagai industri seperti industri obat-obatan, seperti obat-obatan, vaksin, antibiotik, dan lain sebagainya.

Atau juga di industri makanan, atau lainnya. Di bidang industri makanan misalnya, roti, yoghurt, nata de coco, tempe, kecap, atau jenis makanan hasil fermentasi lainnya, adalah sebuah proses yang membutuhkan pengetahuan biologi. Selain itu, makanan hasil fermentasi juga mempunyai nilai gizi yang lebih tinggi dari aslinya. Mau coba? Silakan

Manfaat di Bidang Bioteknologi

Bidang teknologi juga tak lepas dari Ilmu Biologi, misalnya dalam hal rekayasa genetik, yang berupa kloning, penyisipan gen seperti menciptakan bakteri yang mampu mengatasi masalah limbah di laut, atau mencipatakan tanaman yang bisa tahan terhadap hama atau serangga tertentu.

Atau hal sederhana lainnya seperti kultur jaringan, yang bermanfaat juga untuk melestarikan tumbuhan yang susah dibudidayakan menggunakan cara konvensional seperti biji, cangkok, menyambung atau lainnya.

Manfaat di Bidang Teknologi Senjata Nuklir

Ya, memang kedengarannya mungkin seram jika bisa untuk menciptakan nuklir seperti senjata biologis yang sempat ramai dibicarakan di dunia militer. Namun bukan itu, yang dimaksud nuklir dalam hal ini adalah pemanfaatan radiasi nuklir untuk digunakan sebagai penyinaran radioterapi.

Tentu ini bermanfaat untuk terapi atau pembedahan, seperti kemoterapi, penyinaran rontgen, sterilisasi, atau proses lainnya.

Manfaat di Bidang Peternakan

Manfaat Biologi dalam bidang peternakan, yang utama adalah untuk memproduksi bibit-bibit unggul hewan ternak. Ini biasa dilakukan dengan cara persilangan (hibridasi) gen-gen yang unggul sehingga dapat dihasilkan hewan ternak yang unggul pula. Misal untuk hewan sapi penghasil susu, domba pedaging, babi, ayam petelor, ayam daging, atau hewan lainnya.

Manfaat di Bidang Pertanian

Manfaat Biologi dalam bidang pertanian sudah sejak dulu diterapkan. Sejak G. John Mendel menemukan pewarisan sifat oleh gen pada kacang Ercis, sejak saat itu juga penelitian dalam bidang pertanian terus dilakukan. Ini bertujuan agar dapat diperoleh gen-gen tanaman pertanian yang memiliki sifat unggul untuk selanjutnya dibudidayakan dan diproduksi.

Ini penting, ditambah lagi ledakan populasi manusia yang semakin tinggi dan berakibat pada menyempitnya lahan pertanian. Maka teknik-teknik bercocok tanam juga perlu ditingkatkan, seperti adanya teknik menanam hidroponik untuk menamam tanaman tanpa menggunakan tanah, juga teknik hibridasi untuk menghasilkan bibit-bibit tanaman yang unggul dan tahan dengan kondisi lingkungan yang semakin ekstrim.

Rekayasa Genetik Tanaman Pertanian

Masalah hama pertanian memang tak bisa lepas dari proses tanaman pertanian. Adanya penelitian di tingkat biologi molekuler dapat menghasilkan rekayasa genetik tanaman pertanian. Tanaman rekayasa ini telah memiliki kemampuan untuk menghasilkan racun bagi serangga atau hama, dengan begitu secara otomatis dapat membunuh serangga atau hama penyakit yang menyerang tanaman rekayasa tersebut. Namun tanaman ini masih tetap aman untuk manusia, itulah istimewanya.

Itulah beberapa manfaat yang dapat Kita ambil ketika Kita mempelajari biologi.

Comments