Biologi 10 | 5 Fakta Kingdom Monera (VIDEO)

Monera berasal dari bahasa Yunani yaitu moneres yang artinya tunggal, dapat dikatakan juga monera ini sebagai bentuk kehidupan paling sederhana sob.

Monera adalah organisme dengan sel prokariotik tunggal (ingat ! sel prokariotik adalah sel yang tidak memiliki membran inti sel). Berikut adalah beberapa fakta tentang MONERA.
  1. Monera adalah organisme uniseluler.
  2. Sebagian besar monera adalah prokariotik (udah dibahas di atas) kadang monera disebut juga prokariota atau prokartae.
  3. Dinding sel terbuat dari peptidoglikan (murein) yaitu polisakarida yang terdiri dari dua gula turunan yaitu asam-N-asetil glukosamin serta asam-N-asetil muramat yang dihubungkan ikatan β-1,4, dan sebuah rantai peptida pendek yang contohnya terdiri dari asam amino l-alanin, d-alanin, d-asam glutamat, dan baik l-lisin atau asam diaminopimelik (DAP)-asam amino langka yang hanya ditemukan pada dinding sel prokariot. Itulah sebabnya monera dapat hidup dilingkungan yang ekstrem.
  4. Cara reproduksi monera dapat berlangsung secara seksual dan aseksual. (Seksual dengan cara konjugasi, tranduksi, dan transformasi. Aseksual dengan cara pembelahan biner, fragmentasi atau spora).
  5. Untuk memudahkan mempelajarinya para ilmuwan telah mengklasifikasikan monera menjadi bakteri dan cyanobacteria (ganggang biru).
Sebagian besar bakteri mempunyai ukuran dan bentuk yang sama. Akan tetapi, dari biologi molekuler ditemukan adanya perbedaan pada RNA ribosom. Perbedaan itu dijadikan dasar pembagian Archaebacteria dan Eubacteria.

Pembahasan tentang Archaebacteria dan Eubacteria akan saya publish minggu depan.

Itulah lima fakta tentang kingdom monera. Jika masih ada fakta lain tentang monera yang kamu tau, silahkan share di komentar.

Jangan lupa tonton juga video pembelajaran tentang monera di bawah ini.



Comments