Pada dasarnya peserta didik memiliki tiga ranah
keluaran belajar, yaituranah kognitif, afektif, dan psikomotor. Dalam setiap pembelajaran, ranah ini diharapkan oleh pendidik
dapat berkembang dengan baik. Untuk mengetahui perkembangan ketiga ranah itu,
dilakukanlah kegiatan penilaian. Penilaian
program bertujuan untuk menilai efektifitas program yang dilaksanakan;
penilaian proses bertujuan untuk mengetahui aktifitas dan partisipasi peserta
didik dalam pembelajaran; sedangakan penilaian hasil bertujuan untuk mengetahui
hasil belajar atau pembentukan kompetensi peserta didik.
Dalam setiap pembelajaran, pendidik harus
berusaha mengetahui hasil dari proses pembelajaran yang ia lakukan. Hasil yang
dimaksud adalah baik, tidak baik, bermanfaat, atau tidak bermanfaat, dll.
Pentingnya diketahui hasil ini karena ia dapat menjadi salah satu patron bagi
pendidik untuk mengetahui sejauh mana proses pembelajran yang dia lakukan dapat
mengembangkan potensi peserta didik. Artinya, apabila pembelajaran yang
dilakukannya mencapai hasil yang baik, pendidik tentu dapat dikatakan berhasil
dalam proses pembelajaran dan demikian pula sebaliknya. Salah satu cara yang
dapat dilakukan untuk mengetahui hasil yang telah dicapai oleh pendidik dalam
proses pembelajaran adalah melalui penilaian. Penilaian yang dilakukan oleh pendidik
ini dapat berupa penilaian hasil belajar dan penilaian pembelajaran.
Namun pada makalah ini hanya akan membahas tentang penilaian hasil belajar.
Untuk lebih jelasnya anda dapat mengunduh MAKALAH PENILAIAN HASIL BELAJAR dengan gratis di sini.
Sign up here with your email