MAKALAH PENILAIAN HASIL BELAJAR

Pada dasarnya peserta didik memiliki tiga ranah keluaran belajar, yaituranah kognitif, afektif, dan psikomotor. Dalam setiap pembelajaran, ranah ini diharapkan oleh pendidik dapat berkembang dengan baik. Untuk mengetahui perkembangan ketiga ranah itu, dilakukanlah kegiatan penilaian. Penilaian program bertujuan untuk menilai efektifitas program yang dilaksanakan; penilaian proses bertujuan untuk mengetahui aktifitas dan partisipasi peserta didik dalam pembelajaran; sedangakan penilaian hasil bertujuan untuk mengetahui hasil belajar atau pembentukan kompetensi peserta didik.

Dalam setiap pembelajaran, pendidik harus berusaha mengetahui hasil dari proses pembelajaran yang ia lakukan. Hasil yang dimaksud adalah baik, tidak baik, bermanfaat, atau tidak bermanfaat, dll. Pentingnya diketahui hasil ini karena ia dapat menjadi salah satu patron bagi pendidik untuk mengetahui sejauh mana proses pembelajran yang dia lakukan dapat mengembangkan potensi peserta didik. Artinya, apabila pembelajaran yang dilakukannya mencapai hasil yang baik, pendidik tentu dapat dikatakan berhasil dalam proses pembelajaran dan demikian pula sebaliknya. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengetahui hasil yang telah dicapai oleh pendidik dalam proses pembelajaran adalah melalui penilaian. Penilaian yang dilakukan oleh pendidik ini dapat berupa penilaian hasil belajar dan penilaian pembelajaran. Namun pada makalah ini hanya akan membahas tentang penilaian hasil belajar. 
Untuk lebih jelasnya anda dapat mengunduh MAKALAH PENILAIAN HASIL BELAJAR dengan gratis di sini. 
Previous
Next Post »

Guru Indonesia