MATERI IPA SMP KELAS 8 : SISTEM GERAK MANUSIA


Tulang, sendi dan otot bekerja sama membentuk sistem gerak. Otot merupakan alat gerak aktif, sedangkan tulang merupakan alat gerak pasif. Hal ini dimungkinkan karena otot memiliki kemampuan untuk memendek dan me manjang. Pada saat otot memendek, maka tulang-tulang tempat menempelnya otot tersebut akan ikut tertarik dan terjadilah pergerakan.

Adanya persendian yang menghubungkan antara tulang satu dengan tulang lainnya merupakan kunci pergerakan manusia. Secara umum tulang-tulang penyusun rangka tubuh manusia dapat dikelompokkan menjadi tulang tengkorak, tulang anggota badan, dan tulang anggota gerak.

Rangka terdiri atas rangkaian tulang-tulang yang berfungsi antara lain untuk menyokong dan memberi bentuk pada tubuh serta melindungi bagian tubuh yang lemah. Sendi berfungsi sebagai pembatas antartulang. Beberapa sendi dapat membuat tulang menjadi mudah bergerak.

Otot adalah alat gerak aktif. Otot menjadikan organ tubuh mampu melakukan gerakan. Terdapat dua jenis otot, yaitu otot polos yang bekerja secara tidak sadar dan otot lurik yang bekerja secara sadar. Otot jantung berbentuk menyerupai otot lurik, namun bekerja secara tidak sadar.

Gangguan pada sistem gerak antara lain sebagai berikut.
  1. Gangguan pada tulang akibat penyakit, akibat kecelakaan, kekurangan zat gizi, akibatsikap tubuh yang salah.
  2. Gangguan pada otot, antara lain atrofi, stiff, hernia abdominalis, dan kram.

Comments