BATTLE OF SURABAYA FILM ANIMASI INDONESIA TERKEREN TAHUN INI


Boleh saya bilang film Battle of Surabaya ini adalah film animasi terbaik di Indonesia tahun ini. Battle of Surabaya adalah film animasi 2D besutan sutradara muda Aryanto Yuniawan. Film animasi ini menceritakan tentang Musa, seorang remaja tukanng semir sepatu yang menjadi kurir bagi perjuangan pejuang arek arek Suroboyo dan TKR dalam peristiwa pertempuran dahsyat pada 10 November 1945 di Surabaya.

Cerita dalam film ini di adaptasi dari pertempuran 10 november di Surabaya. Selain tokoh-tokoh nyata, dalam film Battle of Surabaya ini terdapat tokoh fiktif yang dibuat untuk memperkuat pesan yang hendak disampaikan yaitu pesan tentang semangat, cinta tanah air dan perdamaian.

Film Battle of Surabaya dirilis pada 28 september 2014 dan telah meraih beberapa penghargaan, diantaranya Most People's Choice Awards dari IMTF (International Movie Trailer Festival) dan masuk Nominee Best Foreign Animation Award 15th Annual Golden Trailer Award 2014. Sebagai informasi tambahan film ini akan diputar di bioskop pada 20 Agustus 2015. 

SINOPSIS

Setelah pemboman kota Hiroshima dan Nagasaki oleh Sekutu, Jepang mengakhiri perang melawan Sekutu. Penyerahan Jepang atas Sekutu tersebut ditandatangani di atas Kapal USS Missouri. Indonesia Merdeka! Lepas dari penjajahan Jepang. Tetapi langit Surabaya kembali memerah. Peristiwa Insiden Bendera di Hotel Yamato dan kedatangan Sekutu yang ditumpangi Belanda menuntut hak atas Hindia Belanda. Disisi lain juga terjadi gangguan oleh beberapa kelompok pemuda Kipas Hitam, sebuah organisasi paramiliter bentukan Jepang. Residen Sudirman, Gubernur Suryo, Pak Moestopo, Bung Tomo dan tokoh-tokoh lain membangkitkan semangat arek-arek Suroboyo & pemuda Indonesia untuk memilih bangkit melawan penjajahan. 

Musa, seorang remaja penyemir sepatu yang kemudian membawa misi sebagai kurir surat-surat rahasia untuk para tentara dan milisi pejuang Indonesia. Selain surat rahasia Musa juga mengantar surat-surat pribadi para pejuang untuk keluarganya. Bersama sahabatnya Yumna (Maudy Ayunda) dan Danu (Reza Rahadian), Musa mengalami petualangan hebat hingga banyak kehilangan orang-orang yang dicintainya. Bagaimana petualangan Musa menyelesaikan misi-misinya diantara ancaman para musuh dan perang yang terjadi waktu itu, saksikan di Bioskop mulai tanggal 20 Agustus 2015!


BATTLE OF SURABAYA - There is no glory in war!

Jika Anda penasaran dengan Film Battle of Surabaya berikut ini cuplikan dari film Animasi tersebut.

Comments