MUTASI GEN PARA MANUSIA SUPER


Mutasi adalah suatu perubahan yang terjadi pada bahan genetika sehingga ekspresinya berubah. Mutasi akan menimbulkan variasi genetika yang merupakan bahan baku biologi.

Nah, mutasi ini terjadi pada gen, kromosom, sel, protein ataupun organisme. Inilah yang kita sebut sebagai Mutan.

Peluang terjadinya mutasi di alam adalah sebanyak 1:10.000 individu. Wah, rendah sekali ya ternyata!

Mutasi gen sendiri dapat mempunyai 3 akibat yaitu;
  1. Mutasi tanpa arti (nonsense): setelah kode untuk mulai, langsung diikuti oleh kode untuk berhenti. Hal tersebut mengakibatkan tidak adanya polipeptida yang terbentuk.
  2. Mutasi salah arti (miss-sense): kode berbeda menghasilkan asam amino.
  3. Mutasi diam (silent): perubahan kode yang menyebabkan tidak berbedanya asam amino yang dibaa saat translasi. Hal tersebut tidak akan mengakibatkan apa-apa.
Nah, ternyata, mutasi juga sudah banyak dimanfaatkan di berbagai bidang, khususnya di bidang biologi. Salah satu contohnya antara lain pembuatan buah tanpa biji, misalnya semangka tanpa biji. Selain itu, produksi bibit unggul, pembuatan tanaman hias, dan pembentukan antibiotik juga bisa dilakukan dengan memanfaatkan mutasi. 

Selain memiliki beberapa manfaat, mutasi juga memiliki dampak negatif, lho. Dampak negatif mutasi antara lain berdampak bagi manusia, yaitu timbulnya penyakit seperti Sindrom Turner, Klinefelter, Sindrom Jacob, Sindrom Patau, Sindrom Edward, Metafemale, dan Anemia Sel Sabit.
Previous
Next Post »

2 comments

Write comments
19 January, 2020 delete This comment has been removed by the author.
avatar

Guru Indonesia