FUNGSI BAHAN AJAR

Salah satu tugas guru dalam melaksanakan tugas pembelajaran adalah menyiapkan dan menyajikan bahan ajar. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang fungsi bahan ajar yang sering di buat oleh Bapak/Ibu guru.

Secara umum bahan ajar adalah segala bentuk bahan yang digunakan untuk membantu guru/instruktur dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar. Bahan yang dimaksud berupa bahan tertulis maupun tidak tertulis. Bahan ajar harus memuat bahan atau materi pembelajaran yang disusun secara sistematis yang digunakan guru dan siswa dalam proses pembelajaran. Bahan ajar umumnya didesain dengan tujuan tertentu (by design) yakni disusun dengan sistematika tertentu untuk keperluan pembelajaran dan dalam kerangka pencapaian kompetensi yang diharapkan. Bahan ajar dengan buku teks tentu saja berbeda. Perbedaan keduanya akan kami bahas pada tulisan selanjutnya. 

Fungsi bahan ajar adalah sebagai berikut:

Meningkatkan produktivitas pembelajaran dengan jalan (a) mempercepat laju belajar dan membantu guru untuk menggunakan waktu secara lebih baik, (b) mengurangi beban guru dalam menyajikan informasi, sehingga dapat lebih banyak membina dan mengembangkan gairah.

Memberikan kemungkinan pembelajaran yang sifatnya lebih individual, dengan cara: (a) mengurangi kontrol guru yang kaku dan tradisional; dan (b) memberikan kesempatan bagi siswa untuk berkembang sesuai dengan kemampuannya.

Memberikan dasar yang lebih ilmiahterhadap pembelajaran dengan cara: (a) perancangan program pembelajaran yang lebih sistematis; (b) pengembangan bahan pengajaran yang dilandasioleh penelitian. Lebih memantapkan pembelajaran dengan jalan (1) meningkatkan kemampuan sumber belajar; (2) penyajian informasi dan bahan secara lebih konkret.

Memungkinkan belajar secara seketika, yaitu (a) mengurangi kesenjangan antara pembelajaran yang bersifat verbal dan abstrak dengan realitas yang sifatnya konkret; (b) memberikan pengetahuan yang sifatnya langsung.

Sumber: DITPAIS Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kemenag RI @2011

Comments