MEDIA PEMBELAJARAN IPA DAN BIOLOGI


Beberapa hari belakangan ini saya mencoba untuk membuat video untuk mendukung pekerjaan saya sebagai guru, dan alhamdulillah dalam waktu dua atau tiga hari saya sudah menghasilkan empat video, dan rencanya setiap materi pembelajaran IPA dan Biologi akan saya buat videonya agar lebih mudah dipahami siswa (peserta didik) dan meningkatkan motivasi belajar siswa terhadap mata pelajaran IPA dan biologi yang notabene pelajaran ini masih dianggap sulit oleh sebagian besar siswa.

Video yang saya buat ini bisa anda dapatkan dan update di chanel youtube F87 MEDIA. Saya sengaja mempublikasikan video tersebut dengan harapan video-video pembelajaran yang saya buat bisa membatu anda sebagai guru atau orang tua dalam menyampaikan materi pelajaran kepada siswa.

Berikut ini saya akan tampilkan salah satu video yang telah saya buat tersebut. 


Materi yang terkandung dalam video tersebut adalah tentang 'Komponen Ekosistem'. Dengan video tersebut anda bisa menggunakan model pembelajaran aktif (active learning) yaitu "mencari informasi" dengan langkah-langkah sebagai berikut:

Siapkan video materi 'Komponen Ekosistem'.
Siapkan beberapa pertanyaan yang jawabannya berdasarkan materi yang terdapat dalam konten video 'Komponen EKosistem'.
Bagikan pertanyaa-pertanyaan yang telah anda buat kepada siswa, dan sampaikan bahwa pertanyaan-pertanyaan tersebut dapat dijawab dengan menyimak video animasi 'Komponen Ekosistem'.
Bahaslah pertanyaan-pertanyaan tersebut untuk menguatkan materi 'Komponen Ekosistem'

Saya sudah mencoba tehnik ini di kelas, dan hasilnya siswa mudah memahami materi serta antusias dalam proses pembelajaran. Semoga membantu.
Previous
Next Post »

Guru Indonesia