TETAPLAH BELAJAR
Cara ini dapat Anda gunakan
setelah jam pelajaran Anda berakhir atau di akhir semester. Cara ini
memungkinkan siswa dalam menemukan cara-cara untuk terus belajar meskipun
proses pembelajaran akan berakhir.
Prosedur
Pertama, kemukakan harapan Anda
agar siswa tidak berhenti belajar hanya karena pelajaran telah berakhir.
Kedua, kemukakan kepada siswa
bahwa ada banyak cara bagi mereka untuk terus belajar secara mandiri di rumah.
Ketiga, tunjukkan bahwa salah
satu caranya adalah dengan membuat daftar rencana yang mereka buat sendiri
untuk mempelajari suatu materi.
Keempat, buatlah sub-sub
kelompok, dan mintalah mncetuskan sebuah gagasan dari sub kelompok tersebut.
Misalnya mencari artikel di majalah yang ada kaitannya dengan materi pelajaran
atau meminta teman untuk mengajari suatu materi yang dianggap sulit.
Kelima, mintalah siswa untuk
kembali ke tempat masing-masing dan berbagi rencana belajar mereka di kelas.
STIKER YANG LENGKET
Cara ini akan menyenangkan karena
memungkinkan siswa untuk membuat sebuah pengingat, yang akan mengingatkan
mereka agar mengaplikasikan apa yang telah mereka pelajari dengan cara
menempelkannya pada tempat dan bagian yang selalu mereka temui baik di kelas
atau di rumah.
Prosedur
Pertama, mintalah siswa untuk
membuat stiker imajiner yang dapat ditempelkan misalnya pada pintu kamar,
kulkas, dll. yang isinya tentang satu hal yang mereka pelajari di kelas untuk
diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.
Kedua, mintalah siswa untuk
mengungkapkan pendapat mereka seringkas mungkin.
Ketiga, sediakan materi dan
perlengkapan untuk membuat stiker seatraktif mungkin.
Keempat, buatlah galeri pajangan stiker
dan pastikan bahwa siswa membawa pulang stiker mereka untuk dipajang ditempat
yang menurut mereka cocok.
Sign up here with your email