4 STRATEGI JITU AGAR SISWA AKTIF DALAM PEMBELAJARAN DI KELAS


TETAPLAH BELAJAR

Cara ini dapat Anda gunakan setelah jam pelajaran Anda berakhir atau di akhir semester. Cara ini memungkinkan siswa dalam menemukan cara-cara untuk terus belajar meskipun proses pembelajaran akan berakhir.

Prosedur

Pertama, kemukakan harapan Anda agar siswa tidak berhenti belajar hanya karena pelajaran telah berakhir.

Kedua, kemukakan kepada siswa bahwa ada banyak cara bagi mereka untuk terus belajar secara mandiri di rumah.

Ketiga, tunjukkan bahwa salah satu caranya adalah dengan membuat daftar rencana yang mereka buat sendiri untuk mempelajari suatu materi.

Keempat, buatlah sub-sub kelompok, dan mintalah mncetuskan sebuah gagasan dari sub kelompok tersebut. Misalnya mencari artikel di majalah yang ada kaitannya dengan materi pelajaran atau meminta teman untuk mengajari suatu materi yang dianggap sulit.

Kelima, mintalah siswa untuk kembali ke tempat masing-masing dan berbagi rencana belajar mereka di kelas.

STIKER YANG LENGKET

Cara ini akan menyenangkan karena memungkinkan siswa untuk membuat sebuah pengingat, yang akan mengingatkan mereka agar mengaplikasikan apa yang telah mereka pelajari dengan cara menempelkannya pada tempat dan bagian yang selalu mereka temui baik di kelas atau di rumah.

Prosedur

Pertama, mintalah siswa untuk membuat stiker imajiner yang dapat ditempelkan misalnya pada pintu kamar, kulkas, dll. yang isinya tentang satu hal yang mereka pelajari di kelas untuk diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.

Kedua, mintalah siswa untuk mengungkapkan pendapat mereka seringkas mungkin.

Ketiga, sediakan materi dan perlengkapan untuk membuat stiker seatraktif mungkin.


Keempat, buatlah galeri pajangan stiker dan pastikan bahwa siswa membawa pulang stiker mereka untuk dipajang ditempat yang menurut mereka cocok.

Comments