BELAJAR MELALUI LMS MOODLE


Moodle adalah salah satu Learning Management System (LMS) yang paling populer saat ini (itupun kalo kamu tahu). Kenapa saya bilang populer? ini karena hampir setiap sekolah atau perguruan tinggi saat ini sudah memanfaatkan e-Learning sebagai Media pembelajaran/perkuliahan, dengan menggunakan fasilitas sistem Moodle.

Kelebihan yang ditawarkan oleh Moodle antara lain mengatur dan mengelola hak akses user (siswa/guru), membuat dan mengelola Courses (mata pelajaran), mengatur dan mengelola Bahan ajar (resource), mengatur dan mengelola Aktivitas (Activity), mengatur dan mengelola Nilai (Grades), menampilkan nilai (score) dan transkrip, sampai membuat sertifikat ketuntasan untuk siswa, membuat semua sekolah, bahkan guru berlomba-lomba membangun sistem ini di sekolahnya, baik yang langsung terhubung ke Jaringan Internet, maupun yang berbasis Intranet (LAN).

Meski begitu, banyak pula sekolah/guru yang belum dan ingin mencicipi sistem ini menjadi terkendala, yang kebanyakan disebabkan oleh kerumitan dalam hal instalasinya. Untuk itu saya akan membgi bagaimana proses instalasi Moodle sehingga kamu dapat mengguanakan Moodle dalam mengaplikasikan E-Learning.

Untuk membuat e-Learning menggunakan Moddle berbasis LAN/intranet (offline), terlebih dahulu kita akan melakukan instalasi beberapa software yang diperlukan. Selengkapnya dapat diikuti langkah-langkahnya dalam tutorial singkat berikut:

Sebelum membuat e-learning tersebut, kita butuh softwarenya. Jadi, silahkan siapkan :
1. Moodle
2. XAMPP

Untuk selengkapnya proses instalasi Moodle dapat di download disini.

Semoga membantu!!!

Comments